Iklan


 

Wujudkan Pemilu Demokrasi, Bawaslu Polman Apel Siaga Pengawasan 2024

Senin, 20 November 2023 | 13:45 WIB Last Updated 2023-11-20T05:45:25Z

Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024. Konsolidasi dan sinergi mengawasi dalam mewujudkan pemilu demokrasi. Di Alun-Alun Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. ( Foto : Nadi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Untuk konsolidasi dan sinergi mengawasi dalam Mewujudkan Pemilu Demokrasi, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Polewali Mandar. Mengelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 di Lapangan Merdeka Alun-Alun Wonomulyo, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, Polman. Minggu, 19 November 2023.


Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, dipimpin langsung Ketua Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, Harianto. Diikuti 16 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) bersama sekretariat Panwascam dan Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) Se Kabupaten Polewali Mandar.


Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, Harianto, menyampaikan. Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, yang kita selenggarakan, minggu 19 November 2023. 


Kata dia, jika dihitung mundur sisa 86 hari menuju hari "H" pemungutan suara Pemilu 2024. Apel siaga pengawasan pemilu 2024, dilaksanakan Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar. Sangat penting artinya.


Mengingat lanjutnya, Apel Pengawasan Pemilu adalah sebuah ikhtiar. Sekaligus langkah nyata untuk menyampaikan kepada segenap pihak. Bahwa sesungguhnya secara simbolik keluarga besar Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar. Bersama segenap stakeholder pemangku kepentingan penyelenggara pemilu tahun 2024 telah amat sangat siap untuk menyukseskan pemilu yang berdasarkan azas dan berbagai regulasi pemilu.


Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024. Konsolidasi dan sinergi mengawasi dalam mewujudkan pemilu demokrasi. Di Alun-Alun Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. ( Foto : Nadi).

"Bahwa sesungguhnya secara simbolik keluarga besar Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar. Bersama segenap stakeholder pemangku kepentingan penyelenggaran pemilu tahun 2024 telah amat sangat siap untuk menyukseskan pemilu yang berdasarkan azas dan berbagai regulasi pemilu." Tegasnya.


Disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar. Melalui momentum kebersamaan bahwa membangun sinergitas dengan pihak dalam penyelenggaran pengawasan pemilu adalah sebuah keniscayaan. 


Karena bagi kami pemilu selain adalah milik semua warga, juga adalah momentum pembuktian bahwa kita sungguh adalah bangsa yang besar dan paham betul cara berdemokrasi yang baik dan beradab.


"Maka ijinkan kami bersama bapak, ibu, saudara dan para sahabat terbaik kami semua. Untuk sama menempatkan pemilu 2024 sebagai yang tidak akan dinodai dan dicederai dengan perilaku money politik atau politik uang. Sekaligus menjadi ruang bagi kita untuk  sama meneriakkan penolakan kita pada berita hoax dan politik sara serta politik identitas yang akan merusak serta merobek rajutan dan sulaman indah demokrasi dan persatuan semua anak bangsa." Paparnya.


Dilanjutkan Ketua Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar. Melalui momentun Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, mewakili seluruh keluarga besar Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar. Untuk mengajak semua menjadikan pemilu 2024, sebagai yang langsung dalam damai dan beradab.


Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024. Konsolidasi dan sinergi mengawasi dalam mewujudkan pemilu demokrasi. Di Alun-Alun Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. ( Foto : Nadi).

Sekaligus sebagai penunjuk bahwa sungguh-sungguh semua adalah manusia yang beradab dan kerena itu wajib taat azas serta regulasi. Marilah kita membangun konsolidasi moral dan sinergitas pengawasan dalam upaya baik, untuk mewujudkan pemilu yang demokratis. 


"Ayo mari sama berada dalam satu barisan, sebagai anak  negeri juga anak bangsa yang mendeklarasikan kebersamaan untuk tetap siaga dalam pengawasan. Dan mari bersama mendoakan kiranya pemilu 2024 menjadi pemilu yang diberkahi dan terberkati dan mampu melahirkan pemimpin yang juga syarat dengan keberkahan." Tandasnya.


Setelah sambutan Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, Ketua Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, melanjutkan membacakan deklarasi bersama Siaga Pengawasan, lawan money politik dan hoax dalam Pemilu 2024. 


Pertama kami bersama Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, menyatakan secara sadar dan atas dorongan moral berkomitmen untuk ikut terlibat aktif menolak segala bentuk tindakan money politik (politik uang) dalam pemilu 2024.


Kedua Kami bersama Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar menyatakan secara sadar dan atas dorongan moral berkomitmen untuk ikut terlibat aktif menolak berita dan informasi hoax serta politik Sara serta politik identitas dalam pemilu 2024.


Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024. Konsolidasi dan sinergi mengawasi dalam mewujudkan pemilu demokrasi. Di Alun-Alun Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. ( Foto : Nadi).

Dan ketiga kami bersama Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar menyatakan secara sadar dan atas dorongan moral berkomitmen untuk ikut terlibat aktif dalam pengawasan pemilu 2024, sebagai dari upaya luhur untuk mensukseskan pemilu 2024 berlangsung damai dan beradab.


Setelah Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, selesai. Diakhiri penandatangan spanduk deklarasi bersama siaga pengawasan, lawan money politik dan hoax dalam Pemilu 2024. Dimulai Ketua Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, dilanjutkan secara bersamaan jajaran forum komunikasi pimpinan daerah. Terdiri Polres Polewali Mandar, Kodim 1402 Polewali Mandar, Kejaksaan Negeri Polewali Mandar. Pengadilan Negeri Polewali Mandar, Pengadilan Agama Polewali Mandar dan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar.


Kemudian penanda tanganan deklarasi bersama siaga Pengawasan, lawan money politik dan hoax dalam Pemilu 2024. Dilanjutkan sejumlah partai politik peserta pemilu 2024 bersama organisasi kemahasiswaan dari beberapa kampus di Kabupaten Polewali Mandar, sejumlah Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Kabupaten Polewali Mandar, organisasi kepemiluan, organisasi kemasyarakatan dan organisasi kepemudaan se Kabupaten Polewali Mandar.


Hadir pula tiga orang anggota bersama staf Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, yakni Rahmania koordinator divisi sumber daya manusia, organisasi, pendidikan, dan pelatihan. Ady Suratman koordinator divisi pencegahan, partisipasi masyarakat dan hubungan masyarakat dan Rahmaniah koordinator divisi hukum dan penyelesaian sengketa.


Koordinator Jaringan Pendidikan dan Pemilih Untuk Rakyat Kabupaten Polewali Mandar, Sudianto, menyatakan. Melalui Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, dilakukan jajaran Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar. Sangat diharapkan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat, untuk melakukan pengawasan pemilu secara adil dan transparan sesuai anturan berlaku.


Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, Deklarasi Bersama Pengawasan Pemilu 2024. Konsolidasi dan sinergi mengawasi dalam mewujudkan pemilu demokrasi. Di Alun-Alun Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. ( Foto : Nadi).

"Dengan Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024. Bawaslu Kabupaten Polewali Mansar betul-betul melaksanakan tugasnya secara adil tanpa pandang bulu. Demi meningkatkan kepercayaan publik terhadap Pemilu sementara berjalan." Tegasnya.


Sementara itu Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia Kabupaten Polewali Mandar, Achmadi, menyebutkan. Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar harus melakukan pengawasan tahapan pemilu 2024. Dengan bekerjasama semua pihak, demi menciptakan iklim demokrasi yang sejuk damai dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.


"Bawaslu sebagai penegak demokrasi, berkewajiban menciptakan kondisi iklim demokrasi yang damai dan persatuan tetap terjalin dalam pemilu 2024." Harapnya.


Ditambahkan Presidium Jadi Kabupaten Polewali Mandar. Penyebaran berita hoax, politik uang, politik identitas dan politik Sara. Harus menjadi penanganan dalam Pemilu 2024, dengan terus menerus melakukan upaya deklarasi kepada semua pihak terlibat langsung dalam pemilu 2024.


"Politik uang, identitas, sara dan berita hoax harus bersama-sama diperangi Bawaslu. Dengan mengajak semua pihak terlibat di pemilu. Khusus partai politik untuk bersikat taat pada aturan pemilu." Ujarnya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wujudkan Pemilu Demokrasi, Bawaslu Polman Apel Siaga Pengawasan 2024

Trending Now

Iklan

iklan