Iklan


 

BPJS Kesehatan Polman Penuhi Panggilan Penyidik Polda Sulbar

Kamis, 09 Mei 2024 | 16:02 WIB Last Updated 2024-05-09T08:02:39Z

 

Kabid Humas BPJS Kesehatan Polman, Wisli. (Foto : Ag).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang  Polewali Mandar (Polman) penuhi panggilan tim penyidik Polda Sulbar terkait kasus peredaran kartu BPJS kesehatan diduga palsu. 


Dalam kasus tersebut, sebanyak 10 ribu kartu yang mencantumkan nama BPJS kesehatan, diduga dibagikan ke warga untuk kepentingan kampanye 3 oknum caleg di Pileg Polman lalu.


LSM Lintas Pemburu Keadilan( LPK) kemudian melaporkan 3 Calon Legislatif (Caleg) terpilih Polman yang diduga menggunakan kartu tersebut, 2 caleg DPRD kabupaten dan satu caleg DPRD provinsi. 


Kepala Bidang Humas BPJS kesehatan Polman, Wisli membenarkan pihaknya sudah diperiksa tim penyidik Polda Sulbar terkait kasus ini, segala keterangan yang diminta oleh penyidik Polda sudah ia berikan. 


"Prosedur bagaimana mendapatkan identitas kartu dan mencetaknya seperti apa, itu sudah kami tuangkan di BAP penyidikan Polda Sulbar." Terangnya, saat ditemui di kantornya. Rabu, 08 Mei 2024.


Wisli menjelaskan, bila berbicara sesuai Perpres maka BPJS kesehatan mengeluarkan  identitas, diantaranya nama dan nomor induk kependudukan didalam kartu indonesia sehat (KIS).


"Sejak kami launching terkait single identiti, nomor tunggal untuk bpjs kesehatan, kita kerjasama  kementerian catatan sipil lalu disepakati KIS digital, bukan lagi kartu." Ujarnya. 


Meski demikian, Wisli memaparkan, bila dikatakan kartunya palsu atau tidak, maka dirinya menyerahkan sepenuhnya kewenangan itu ke penyidik Polda Sulbar.


"Yang jelas bentuk kartu BPJS kesehatan itu jelas, bentuknya kartu yang beredar itu berbeda modelnya kartu BPJS kesehatan asli, kalau dikatakan palsu itu urusannya penyidik." Ungkapnya. 


Wisli menambahkan, bila penyalahgunaan kartu digunakan kampanye, menurutnya mungkin saja itu ranahnya Bawaslu, Namun pihaknya membantah bila dikatakan melakukan pembiaran.


"Kami sudah penuhi panggilan Polda, kita sudah lakukan penyampaian ke yang bersangkutan kalau layanan sekarang cukup dengan KIS digital." Tuturnya.


Laporan : Ag

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPJS Kesehatan Polman Penuhi Panggilan Penyidik Polda Sulbar

Trending Now

Iklan

iklan