Iklan


 

KPU Polman Lantik 500 PPS Pilkada

Minggu, 26 Mei 2024 | 17:51 WIB Last Updated 2024-05-26T09:51:16Z

KPU Kabupaten Polman lantik 500 orang anggota PPS se Kabupaten Polman. (Foto : Nadi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polewali Mandar (Polman), dilantik pengambilan sumpah janji dan penandatanganan fakta integritas. 


500 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat dan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Polman di salah satu gedung di Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman. Ahad, 26 Mei 2024.


Ketua KPU Kabupaten Polman, Nurjannah Waris mengatakan, telah melaksanakan pelantikan dan penandatanganan fakta integritas PPS se Kabupaten Polman untuk 167 Desa dan Kelurahan, sesuai jadwal tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.


"Sudah melantik PPS se Kabupaten Polman. Ahad. 26 Mei 2024." Terangnya.


Disebutkan Ketua KPU, PPS yang dilantik merupakan hasil tahapan seleksi calon anggota PPS Pilkada 2024, yang dimulai tahapan administrasi, tes CAT hingga tes wawancara. 


Dimana anggota PPS terpilih 3 orang setiap Desa dan Kelurahan.  Mereka akan bekerja mulai 26 Mei 2024 hingga 27 Januari 2025, dengan gaji untuk Ketua Rp. 1,5 Juta Rupiah sementara anggota PPS Rp. 1,3 Juta Rupiah.


KPU Kabupaten Polman lantik 500 orang anggota PPS se Kabupaten Polman. (Foto : Nadi).

"Sebenarnya tidak ada kendala tahapan seleksi calon anggota PPS, namun yang menentukan hasil wawancara yang memilih 3 orang." Tegasnya.


Ditegaskan Ketua KPU, para anggota PPS setelah dilantik akan dilakukan orientasi tugas masing-masing, dilanjutkan pembentukan struktur Sekretariat PPS dan direncanakan 1 Juni 2024 mendatang sudah ada sekretariat yang ditempati bagi anggota PPS. 


Untuk berjalan lancarnya tugas-tugas PPS dalam penyelenggaraan tahapan Pilkada, para anggota PPS ditekankan untuk solid dan kompak. 


Karena ada anggota PPS baru, yang disatukan dalam penyelenggaraan Pilkada demi terbangun profesionalisme kerja.


"Ditekankan untuk solid terlebih dahulu, karena 3 anggota PPS setiap Desa, mereka tidak saling kenal, sehingga baru membangun solidaritas lebih dahulu dan lebih profesional dalam bekerja." Ungkapnya.


Disampaikan Ketua KPU, tugas pertama anggota PPS akan melaksanakan pemutahiran data pemilih Pilkada pada awal Juni 2024 mendatang.


KPU Kabupaten Polman lantik 500 orang anggota PPS se Kabupaten Polman. (Foto : Nadi).

Dengan merekrut Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP), untuk mengelola kembali data pemilih, sehingga data pemilih betul-betul valid.


"Anggota PPS akan melakukan tahapan Pilkada serentak pemutahiran data pemilih yang ada untuk memastikan data tersebut valid." Ungkapnya.


Ditambahkan Ketua KPU, terkait kurangnya 1 orang anggota PPS Desa Tapango, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polman, tidak dilantik, karena terpilih menjadi anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Tapango. 


Sehingga KPU Kabupaten Polman akan berkordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Polman, untuk meminta keterangan status bersangkutan. 


Menjadi dasar KPU Kabupaten Polman, untuk membuka kembali perekrutan PPS di Desa Tapango, Kabupaten Polman. Apalagi di Desa Tapango tidak ada calon anggota pengganti antar waktu.


"Segera berkordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Polman dulu untuk memastikan 1 orang yang tidak dilantik menjadi PPS, Karena terpilih menjadi anggota Panwaslu Kecamatan. Kemudian membuka calon anggota PPS di Desa Tapango, karena tidak ada cadangan pengganti." Katanya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPU Polman Lantik 500 PPS Pilkada

Trending Now

Iklan

iklan