Iklan


 

1,530 Tukik Dilepasliarkan Warnai Festival Penyu di Pantai Mampie

Senin, 24 Juni 2024 | 19:23 WIB Last Updated 2024-06-24T11:23:56Z

1.530 Tukik atau Bayi Penyu dilepasliarkan selama Festival Penyu Mampie 2024. Di Pantai Mampie, Kabupaten Polman. (Foto : Dok. Nadi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Sebanyak 1,530 Tukik atau Bayi Penyu, dilepasliarkan selama Festival Penyu Mampie 2024, yang berlangsung di kawasan Rumah Penyu Mampie di Dusun Mampie, Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat. 


Festival Penyu merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kelompok Sahabat Penyu sebagai ajang kampanye lingkungan dan promosi wisata berkelanjutan di Kabupaten Polman khususnya di Pantai Mampie.


Ketua Sahabat Penyu, Muhammad Yusri dalam keterangan, sebanyak 1,530 Tukik telah dilepasliarkan selama Festival Penyu. 


Dimana proses pelepasannya dilakukan secara bertahap setiap hari selama festival ini berlangsung. Karena banyak pengunjung Festival dan panitia tidak mampu mengontrol semuanya.


"Ada sekitar 1,530 tukik yang kita melepasliarkan selama Festival Penyu berlangsung. Namun, proses pelepasannya ini tidak sekaligus melainkan secara bertahap setiap hari selama festival ini berlangsung."  Ucapnya.


Disebutkan Ketua Sahabat Penyu. Tukik yang dilepasliarkan merupakan hasil adopsi oleh TJSL PT Pegadaian Kanwil VI Makassar, yang merupakan sponsor kegiatan sebanyak 1,000 Tukik dan dari Sahabat Penyu sebanyak 530 Tukik. Semua tukik ini berasal dari penangkaran Sahabat Penyu.


"TJSL PT Pegadaian Kanwil VI Makassar, yang merupakan sponsor kegiatan sebanyak 1,000 Tukik yang disiapkan dan Sahabat Penyu sendiri sebanyak 530 Tukik." Ungkapnya.


Sementara itu pengunjung Festival Penyu asal Kota Makassar, Risnawati mengaku, sangat senang bisa hadir di Festival Penyu Mampie. 


Dapat secara gembira melepas Tukik di laut bersama pengunjung lainnya, yang menempatkan dirinya bermalam di Mampie, untuk mengikuti serangkaian acara siang hingga malam hari di Festival Penyu Mampie 2024. 


"Senang sekali bisa hadir di event yang keren ini menurut saya. Dan alhamdulillah, saya berkesempatan melepaskan anak penyu bersama pengunjung lainnya." Tandasnya.


Festival Penyu di Pantai Mampie, tidak hanya menjadi ajang pelepasan Tukik, tetapi juga berfungsi sebagai sarana edukasi dan kesadaran akan pentingnya pelestarian penyu dan ekosistem laut. 


Event ini diharapkan dapat terus menjadi daya tarik wisatawan dan mendorong kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 1,530 Tukik Dilepasliarkan Warnai Festival Penyu di Pantai Mampie

Trending Now

Iklan

iklan