Iklan


 

Pantarlih Se-Kecamatan Wonomulyo Apel Kesiapan Coklit

Senin, 24 Juni 2024 | 15:56 WIB Last Updated 2024-06-24T07:59:16Z

Pantarlih se-Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman. Ikut Apel Kesiapan Coklit serentak. (Foto : Nadi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - 148 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) se Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman). 


Mengikuti Apel Kesiapan Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih (Coklit) serentak di Pendopo Kantor Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman. Senin, 24 Juni 2024.


Dalam Apel Apel Kesiapan Coklit Serentak Se Kecamatan Wonomulyo, juga dihadiri Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Polman. 


Yakni, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Wonomulyo, Jajaran Pemerintah Kecamatan Wonomulyo, perwakilan Polsek Wonomulyo dan perwakilan Koramil 1402-20 Wonomulyo.


Sambutan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Hasyim Asyari, dibacakan Ketua PPK Wonomulyo.


Ketua PPK Usman mengatakan, KPU melaksanakan apel Kesiapan Coklit serentak pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat dan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Polman 2024.


Sebagai satu prinsip dan persyaratan untuk terselenggaranya pemilihan yang demokrasi adalah warga negara terdaftar sebagai pemilih tanpa diskriminasi dalam artian luas. 


Jaminan pendaftaran pemilih tanpa diskriminasi termasuk akses pemilih untuk terdaftar dan mengetahui data dirinya sebagai pemilih secara mudah, termasuk untuk memperbaiki data dirinya apabila terdapat kekeliruan atau perubahan elemen sata. 


Oleh sebab itu tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya pemilihan umum.


Pantarlih se-Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman. Ikuti Apel Kesiapan Coklit serentak. (Foto : Nadi).

Pemuktahiran data dan penyusunan daftar pemilih menentukan tahapan Pilkada selanjutnya, mulai dari penentuan  jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), Alokasi Logistik, Pola Sosialisasi Pilkada, Kampanye, Rekapitulasi Hasil Suara dan sebagainya. 


Jika hasilnya pemuktahiran data dan penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid, dapat dipastikan tahapan Pilkada selanjutnya akan sangat terganggu .


"Jaminan pendaftaran pemilih tanpa diskriminasi termasuk akses pemilih untuk terdaftar dan mengetahui data dirinya sebagai pemilih secara mudah, termasuk untuk memperbaiki data dirinya apabila terdapat kekeliruan." Terangnya.


Disebutkan Ketua PPK Wonomulyo, guna memastikan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih tersusun dengan baik, KPU merekrut petugas Pantarlih dengan tujuan melaksanakan Pencocokan dan Coklit. 


Pantarlih mencakup 7 prinsip kerja agar menghasilkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terpercaya dan terlindungi hak pilih warga negara. 


Prinsip kerja tersebut antara lain Akurasi, Komprehensif, Mutakhir, Inklusif, Transparan, Responsif dan Partisipatif.


"Pantarlih mencakup 7 prinsip kerja agar menghasilkan DPT yang terpercaya dan terlindungi hak pilih warga negara. Prinsip kerja tersebut antara lain Akurasi, Komprehensif, Mutakhir, Inklusif, Transparan, Responsif dan Partisipatif." Jelasnya.


Ditambahkan Ketua PPK Wonomulyo, Pantarlih diharapkan dapat melakukan kegiatan Coklit secara cermat, tertib, efektif dan akuntabel. Sehingga meningkatkan kualitas Daftar Pemilih. 


Dan mengucapkan selamat bekerja kepada semua petugas Pantarlih di seluruh Indonesia. Semoga tuhan yang maha esa senantiasa memberikan kesehatan keselamatan dan kemudahan bagi kita semua


"Pantarlih diharapkan dapat melakukan kegiatan Coklit secara cermat, tertib, efektif dan akuntabel." Harapnya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pantarlih Se-Kecamatan Wonomulyo Apel Kesiapan Coklit

Trending Now

Iklan

iklan