Iklan


 

Lestarikan Ekosistem Laut, POSSI Pinrang Gerakan 10 Ribu Media Karang

Jumat, 23 Agustus 2024 | 03:18 WIB Last Updated 2024-08-22T19:18:45Z

POSSI Kabupaten Pinrang, luncurkan gerakan 10.000 media karang, di perairan Kabupaten Pinrang, untuk melestarikan ekosistem laut. (Foto : Dok. POSSI.Pinrang).

PolewaliTerkini.Net - PINRANG - Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kabupaten Pinrang, menginisiasi pelestarian lingkungan laut, dengan meluncurkan gerakan ambisius yang bertajuk "10.000 Media Karang untuk Laut Kabupaten Pinrang". 


Gerakan ini untuk meningkatkan kesehatan ekosistem laut melalui penanaman media karang buatan yang akan menjadi tempat tinggal dan berkembang biak bagi berbagai spesies laut di perairan Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan.


Ketua POSSI Kabupaten Pinrang, Andi Cahyadin mengatakan, melalui gerakan media karang buatan yang dirancang khusus untuk menyediakan habitat yang aman dan mendukung pertumbuhan karang dan biota laut lainnya. 


Dengan target penanaman sebanyak 10.000 media karang, sehingga gerakan 10.000 media karang diharapkan dapat memperbaiki kualitas terumbu karang yang mengalami kerusakan serta mendukung keberagaman hayati di perairan Kabupaten Pinrang.


"Tujuan 10.000 media karang gerakan 10.000 media karang, untuk memperbaiki kualitas terumbu karang yang mengalami kerusakan serta mendukung keberagaman hayati di perairan Kabupaten Pinrang." Ucapnya.


Dijelaskan Ketua Possi Kabupaten Pinrang, gerakan 10.000 terumbu karang merupakan inisiatif penting untuk mengatasi dampak perubahan iklim pada ekosistem laut, khususnya terumbu karang di perairan Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan. 


Kata dia, perairan Kabupaten Pinrang, memiliki potensi besar untuk membantu memulihkan terumbu karang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dimana perairan Kabupaten Pinrang yang terletak pesisir barat Provinsi Sulawesi Selatan, dengan garis pantai yang luas dan potensi terumbu karang yang signifikan.  


Terumbu karang yang ada selama.ini berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut. Menyediakan habitat bagi berbagai biota laut dan melindungi garis pantai dari abrasi.


"Perairan Kabupaten Pinrang, memiliki potensi besar untuk membantu memulihkan terumbu karang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat." Tuturnya.


POSSI Kabupaten Pinrang, luncurkan gerakan 10.000 media karang, di perairan Kabupaten Pinrang, untuk melestarikan ekosistem laut. (Foto : Dok. POSSI.Pinrang).

Diungkapkan Ketua Possi Kabupaten Pinrang, manfaat terumbu karang untuk Kehidupan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung, yakni sumber pangan. 


Dengan adanya terumbu karang merupakan habitat bagi berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya yang menjadi sumber pangan bagi masyarakat pesisir. Pariwisata, dengan keindahan terumbu karang menarik wisatawan untuk melakukan kegiatan snorkeling dan diving, yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat lokal. 


Perlindungan Pantai, dengan terumbu karang berfungsi sebagai penghalang alami yang melindungi garis pantai dari abrasi dan gelombang besar. Dan sumber obat dengan beberapa spesies biota laut yang hidup di terumbu karang memiliki potensi sebagai sumber obat-obatan.


"Manfaat terumbu karang untuk sumber pangan, pariwisata, perlindungan pantai dan sumber obat." Bebernya.


Disampaikan Ketua POSSI Kabupaten Pinrang, untuk mendukung gerakan 10.000 terumbu karang di perairan Kabupaten Pinrang, Possi Kabupaten Pinrang. Mendatangkan tim ahli Terumbu Karang, untuk melakukan Asesmen, agar kondisi terumbu karang di perairan Kabupaten Pinrang, dapat menentukan lokasi yang tepat untuk restorasi dan budidaya. 


Menerapkan teknik restorasi untuk memastikan tepat transplantasi karang, penggunaan struktur buatan dan pembibitan karang. Dan Melatih masyarakat lokal untuk melakukan kegiatan restorasi dan budidaya terumbu karang, sehingga mereka dapat berperan aktif dalam menjaga kelestarian terumbu karang di wilayah mereka.


"Kami mendatangkan tim Ahli Terumbu Karang, melakukan Asesmen, menerapkan teknik restorasi dan melatih masyarakat setempat melakukan kegiatan restorasi dan budidaya terumbu karang." Harapnya.


Dilanjutkan Ketua POSSI Kabupaten Pinrang, dia mengajak seluruh lapisan masyarakat baik individu, komunitas, maupun instansi terkait, untuk terlibat dalam gerakan 10.000 media karang, berpartisipasi aktif dari masyarakat sangat penting untuk kesuksesan program tersebut. 


Dan untuk menjaga keberlanjutan ekosistem laut yang sehat untuk generasi mendatang dengan komitmen bersama, diharapkan Kabupaten Pinrang dapat menjadi contoh teladan dalam upaya pelestarian lingkungan laut di Indonesia.


"Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat, baik individu, komunitas, maupun instansi terkait di Kabupaten Pinrang. Untuk terlibat dalam gerakan 10.000 media karang, berpartisipasi aktif dari masyarakat sangat penting untuk kesuksesan media karang." Tandasnya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lestarikan Ekosistem Laut, POSSI Pinrang Gerakan 10 Ribu Media Karang

Trending Now

Iklan

iklan