Iklan


 

Pemuda Bulubawang Gelar Pesta Rakyat Konsep Jaman Dulu

Minggu, 01 September 2024 | 19:01 WIB Last Updated 2024-09-01T11:01:55Z

Puluhan stand yang berdiri berlomba menyajikan menu masakan tradisional. (Foto : Anto).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Komunitas pemuda Bulubawang, Desa Patampanua, Kecamatan Matakali, kabupaten Polewali Mandar Sulbar menggelar malam pesta rakyat. Sabtu malam (31/8/2024). 


Kegiatan berlangsung di kompleks salah satu perumahan di Dusun Bulubawang dihadiri oleh warga sekitar, organisasi pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat setempat. 


Menariknya pesta rakyat ini mengusung nuansa klasik yang didesain dengan konsep jaman dulu. Mulai dari tampilan stand, peserta yang mengenakan kebaya jadul.


Mengusung nuansa klasik yang didesain dengan konsep jaman dulu. Mulai dari tampilan stand, peserta yang mengenakan kebaya jadul. (Foto : Ant).

Kemudian menggunakan cahaya penerangan lampu gas (petromaks) dan obor, serta beberapa alat perlengkapan yang mengusung kembali ke jaman dulu. 


Selain itu, puluhan stand yang berdiri berlomba menyajikan menu masakan tradisional mandar seperti loka anjoroi, bubur tarreang (jewawut) bau peapi, jepa, dan berbagai menu masakan tradisional lainnya.


Kriteria lomba dinilai oleh juri dari soal rasa, cara membuat dan menyajikan, dan beberapa kriteria lainnya. Dalam penilaian lomba tim juri didatangkan dari luar sehingga tidak ada rekayasa penilaian peserta lomba.


Komunitas pemuda Bulubawang, Desa Patampanua, Kecamatan Matakali, kabupaten Polewali Mandar Sulbar menggelar malam pesta rakyat. (Foto : Anto).

Panitia kegiatan Sakka mengatakan, malam kegiatan pesta  rakyat ini merupakan rangkaian puncak perayaan HUT RI ke 79 yang setiap tahun digelar saat moment 17 Agustus. 


Kegiatan ini menyemarakkan HUT RI dan demi untuk menjalin hubungan silaturahmi antara sesama warga. 


"Ini sejak tanggal 14 Agustus  kami gelar berbagai lomba dan malam ini adalah puncak perayaannya sekaligus penerimaan hadiah lomba." Katanya ditemui usai kegiatan. 


Malam pesta rakyat ini juga sekaligus penyerahan hadiah lomba yang digelar selama kegiatan lomba 17 Agustus. Berbagai hadiah elektronik dan hadiah hiburan diserahkan oleh panitia acara.


Suasana malam Pesta Rakyat.di Bulubawang. (Foto : Anto).

Sumber dana yang digunakan oleh panitia merupakan swadaya dari masyarakat sekitar. Panitia berharap semoga kegiatan ini terus digelar dalam suasana yang lebih meriah lagi. 


Sebelumnya, komunitas pemuda ini telah melakukan aksi mencuci kendaraan mobil dan motor demi untuk menggalang donasi untuk kegiatan lomba 17 Agustus 2024. 


Hasil dari donasi cuci motor tersebut kemudian dikumpulkan sebagai anggaran untuk berbagai lomba yang digelar. 


Laporan : Ant

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemuda Bulubawang Gelar Pesta Rakyat Konsep Jaman Dulu

Trending Now

Iklan

iklan